Kamis, 23 Mei 2013

Pernikahan Tradisi Punjabi Agama Sikh

Pernikahan Tradisi Punjabi Agama Sikh

Happy new year 2013, everybody! :D

Ini adalah post pertama gue di tahun 2013 lagi. Meskipun rasanya basi ngucapin selamat tahun baru di tanggal sekian, tapi enggak apa-apa. Jadi, apa kabar kalian semua? Sudah bikin resolusi baru untuk tahun 2013 ini? Atau melanjutkan resolusi dari tahun lalu? Atau malah tidak mau membuat apa-apa, seperti saya?

Entah kenapa, liburan tahun baru kemarin gue sama sekali gak semangat. Dan tahu-tahunya liburan dua minggu itu berakhir begitu saja. :') Yang gue kerjain cuman makan, main, online, nonton, tidur. Udah. Padahal ada tuh hal yang bikin hidup gue gak tenang di akhir tahun kemarin, yang tak lain dan tak bukan adalah tugas akhir Komunikasi Antar Budaya. Tugas akhir ini cukup ribet, dimana seperti yang udah gue ceritain di post Jalan Jaksa kalau kita diwajibkan untuk mengobservasi budaya secara mendalam. Dan lucky me! Gue berkesempatan untuk mengobservasi pernikahan tradisi suku Punjabi Agama Sikh.

Bermula dari keputusasaan tidak mendapatkan apa-apa di Jalan Jaksa, akhirnya gue menghubungi temen gue, Kelvin, yang memang keturunan India Punjabi untuk menanyakan kira-kira ada gak nih kenalannya gitu yang bisa gue observasi. Dan ternyata, saudaranya mau nikah keesokan harinya! Wah, ini benar-benar kesempatan yang sangat langka dan berharga. Hoki banget kan? Timing-nya pas banget ini. Tanpa mikir dua kali dan menyia-nyiakan kesempatan, akhirnya gue meminta untuk ikut dalam upacara pernikahan saudaranya.

Untuk seseorang yang tidak pernah melihat dan terlibat secara langsung bagaimana tradisi pernikahan budaya lain, kalian pasti akan sangat excited, begitu juga dengan gue sendiri. Pagi-pagi saja gue dan Fifi sudah disuguhi pemandangan yang menyenangkan, yaitu cantiknya busana tradisi yang dipakai oleh Kelvin dan keluarga. Apalagi terusan biru langit yang dipakai oleh Miss Baby, ibunda Kelvin. Setelah itu, kami pun berangkat ke rumah Jefri, sepupu Kelvin yang akan resmi menjadi seorang suami pada hari Minggu, 16 Desember lalu. Fyi, Jefri itu pemain timnas futsal, loh! Kurang lucky apalagi sih ini gue? X))


Gue sebenarnya akan dengan senang hati menceritakan gimana perjalanan gue, apa yang sudah gue dapet di sini. Tapi apa daya, rasa malas itu muncul. Jadi daripada harus mengulang lagi, silahkan dibaca di sini aja ya! Ayuk kunjungi blog yang sudah sengaja dibuat sama dosen demi tugas UAS kita ini. Dijamin, pengetahuan kalian pasti semakin bertambah mengenai budaya di Indonesia. :D

Here are some photos that were taken from Michi Anddora's camera. Check it out! :))









Tidak ada komentar:

Posting Komentar