Minggu, 02 Juni 2013

Responding Agama Sikh

Nama              :Novi Handayani
Keterangan    :Responding Agama Sikh

Agama sikh
Sikhisme (bahasa Punjabi: ਸਿੱਖੀ) adalah salah satu agama terbesar di dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke-16 dan 17 di India. Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti "murid" atau "pelajar". Agama Sikh ada perpaduan antara ajaran Hindu dan Islam Sufi (Tashawwuf Falsafi). Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar(Satu Tuhan). Agama ini dibawakan oleh Guru Nanak Dev.

 Sejarah Dan Tokoh
Guru Nanak sangat menentang ajaran agama Hindu, tetapi ajaran kaum Sikh hampir sama dengan ide-ide ke-Islaman, semakin berjalannya waktu dan pergantian guru-guru agama Sikh menyebabkan ajaran mereka lebih ke Hindu daripada ke Islam, dikarenakan 3 faktor:
  1. Guru Nanak tidak terang-terangan dalam membawa agama baru sehingga setelah meninggalnya pengikutnya menghimpun diri dalam satu golongan/sekte tersendiri.
  2. Hampir semua yang mengikuti sekte baru berasal dari penganut Hindu sehingga mereka tetap mengikuti ajaran tersebut, akibatnya unsur ini menjadi bagian agama Sikh.
  3. Konflik kaum Sikh dengan kerajaan Mongol sehingga mengakibatkan kebencian mereka pada umat Islam.
Dalam sejarah agama Sikh, pengikut mereka hanya mempercayai dan mengikuti 10 orang guru yang sangat besar peranannya dalam agama Sikh, diantaranya:Dan berikut adalah daftar dari 10 orang pemimpin agama Sikh
1. Shri Guru Nanak Sahib Ji
2. Shri Guru Angad sahib Ji
3. Shri Guru amardas Sahib Ji
4. Shri Guru Ramdass Sahib Ji
5. Shri Guru Arjan Sahib Ji
6. Shri Guru Hargobind Sahib Ji
7. Shri Guru Har Rai Sahib Ji
8. Shri Guru Har Krishan Sahib Ji
9. Shri Guru Teg Bahadur Sahib Ji
10. Shri Guru Gobind Singh Sahib Ji

Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah:
  • Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan).
  • Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

Rumah ibadah
Rumah ibadah umat Sikh, yakni kuil yang terbuat dari emas. Nama kuil emas tersebut adalah Amritsar, yang dibuat oleh Guru Ram Das pada tahun 1577. Kuil Sikh disebut Gurdwara atau "gerbang menuju Guru". Kuil ini terletak di sebuah kolam besar bernama Amritsar. Amritsar terletak di wilayah Majha, provinsi Punjab. Majha juga dikenal sebagai sungai Bari, karena terletak antara sungai Ravi dan sungai Beas. Majha sendiri terletak di jantung daerah Punjab kuno, terdiri Gurdaspur, Batala dan Tam Taran Sahib, serta Amritsar. 

Daerah
            Tempat para pengikut agama Sikh kebanyakan berada di Punjab, India. Mereka berpusat di Amritsar, dimana disana ada Golden Temple. Tempat sembahyang mereka. Amritsar terletak dekat perbatasan dengan Pakistan. Sebenarnya Pakistan dulunya adalah termasuk Negara India, dan juga Bangladesh. Jadi setelah merdeka , antara Pakistan dan India ada konflik politik, dimana tokoh politik Pakistan adalah Muhammad Ali Jinnah yang meminta pemisahan Pakistan dari India. Dan setelah itu Pakistan memisahkan diri dari India. Tempat pembagian daerah antara India dan Pakistan, Tepat membelah “state” Punjab. Jadi sekarang Punjab ada dua, yaitu Punjab Pakistan, dan Punjab India. Sempat juga terjadi perang antara kaum Sikh dengan Muslim, jadi mereka yang beragama Sikh pindah ke Punjab India dan mereka yang beragama Islam, pindah ke Punjab Pakistan.

kitab Suci
Agama ini merupakan perpaduan agama Islam dan Hindu. Kitab sucinya setebal 1430 halaman dan dinamakan Shree Guru Granth Sahib Ji. Setelah berakhirnya jabatan guru yang kesepuluh, sehingga yang menjadi guru kaum Sikh adalah kitab sucinya. Ada 2 kitab suci dalam agama Sikh, yakni:
  1. Adi Grant, kitab suci ini disebut juga Guru Grant Sahib dan merupakan kitab yang disusun oleh guru yang kelima, Arjun, di Amritsar. Kitab ini mempunyai 3 versi, yaitu Kartar Vali Bir, Bhai Banno Vali Bir dan Dam Dama Vali Bir. Tulisan-tulisan didalamnya digolongkan menjadi 3 macam: pertama, nyanyian-nyanyian suci yang disusun oleh guru-guru Sikh. Kedua, nyanyian yang berasal dari kaum mistik, baik yang beragama Hindu maupun kaum sufi.Ketiga, pujian-pujian yang ditujukan terhadap guru-guru Sikh.
  2. Dasam Grant, kitab suci ini disebut Dasvin Padshah ka Granth dan merupakan kumpulan tulisan guru kesepuluh, Govind Singh. Isinya dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu bagian mitologi, bagian yang bercorak filosofis, bagian yang berisi otobiografi dan bagian yang ada sangkut pautnya dengan masalah hawa nafsu atau erotik.
Agama Sikh tidak banyak merumuskan upacara ibadat. Ibadat yang paling pokok adalah semadi dalam rangka mengingat Tuhan untuk menyucikan rohani dari pengaruh-pengaruh yang menjauhkan manusia dari Tuhan, mereka juga mengenal sujud dan menyanyi di kuil dan inti dari ibadatnya adalah zikir. Selain dari itu, kaum Sikh juga menjadikan tradisi menyikat rambut 2 kali sehari dan membaca serta menyanyikan syair-syair yang terdapat dalam kitab suci mereka setiap hari sebagai ibadat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar