Senin, 03 Juni 2013

Dewa Agama Shinto

Beberapa Dewa Agama Shinto Jepang

Disini kita akan membahas tentang 2 dewa yang cukup terkenal dalam mitologi shinto. sebelumnya telah ada bijuu yang juga salah satu mitologi terkenal di jepang, tentang perperangan 9 dewa. sekarang kita akan membahas tentang Raijin dan Fuujin.

1. Raijin


          Raijin adalah sebutan untuk dewa petir dalam agama shinto. dari kata rai yang berarti petir atau cahaya. dia memiliki wajah yang menyeramkan seperti iblis, karena memang sebelumnya dia adalah iblis. dia memiliki penampilan berotot dengan tangan membawa pemukul genderang (stick??) . dan di belakang punggungnya ada beberapa genderang/drum dengan lambang tomoe di punggungnya (tomoe itu lambang seperti pusaran mata pada klan uchiha).

         Kemampuannya yaitu dengan memukul drum tadi dia bisa memanggil petir dari langit. Raijin di sebutkan suka memakan pusar (ari ari) dari bayi atau anak anak yang masih kecil. karena itu saat terdengar petir bergemuruh para orang tua akan menyuruh anak mereka untuk menutupi pusar mereka.

ini salah satu lukisan dari raijin



2. Fuujin

          Fuujin atau dewa angin dalam agama shinto. dari kata fuu atau kaze yang berarti angin. dia adalah salah satu dewa tertua yang ada dalam ajaran shinto. yang memiliki penampilan mengerikan seperti iblis dengan kulit berwarna hitam. menggunakan kulit leopard sebagai pakaiannya, dan membawa kantung angin yang ia gendong sebagai senjata nya. hampir sama kayak nenek angin di sun go kong ya? haha..

Diceritakan bahwa Fujin muncul dalam pembuatan dunia dan Fujin yang pertama kali melepaskan angin dari "kantung angin"nya ke dunia dan menghapus embun pagi dan memenuhinya diantara surga dan bumi hingga matahari terbit..





dan lagi ternyata banyak anime yang mengusung cerita tentang dua dewa ini

seperti



                                             Cerita anime naruto sasuke sebagai raijin dan naruto fuujin


Sumber : http://fahrizal182.blogspot.com/2010/08/beberapa-dewa-agama-shinto-jepang.html#ixzz2V8NcGkhP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar